PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD NEGERI 101819 PANCUR BATU T.P 2024/2025

SUNDARI SINULINGGA, 2105030239 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD NEGERI 101819 PANCUR BATU T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (535kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (311kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital berbasis aplikasi canva pada mata Pelajaran IPAS kelas V di SD Negeri 101819 Pancur Batu T.P 2024/2025. Penelitian pengembangan ini untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media ajar komik digital berbasis aplikasi canva. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengam menggunakan model Richey and Klein atau PPE (Planning, Production dan Evaluation). Instrument yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media ajar komik digitial berbasis canva adalah lembar validasi oleh ahli media dan ahli materi serta lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari validator ahli media diperoleh persentase 93,3% dengan kategori sangat valid. Validator ahli materi diperoleh persentase 85% dengan kategori sangat valid. Adapun uji kepraktisan media ajar komik digital berbasis aplikasi canva yang dilakukan oleh guru kelas V diperoleh data persentase sebesar 90% dengan kategori sangat praktis digunakan dan uji kepraktisan respon siswa kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu diperoleh data persentase sebesar 85,2% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian media Komik digital berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Negeri 101819 Pancur Batu yang dikembangkan dinyatakan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Media development, Comics, Digital, Canva, IPAS
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHASNI SUCIAWATI, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Pembimbing IIHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Sundari Sinulingga
Date Deposited: 16 May 2025 02:43
Last Modified: 16 May 2025 02:43
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3331

Actions (login required)

View Item View Item