KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN UNSUR-UNSUR SEGITIGA MENGGUNAKAN ATURAN KOSINUS DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

GINTING, ADE LESMAYA BR, 1505010006 (2019) KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN UNSUR-UNSUR SEGITIGA MENGGUNAKAN ATURAN KOSINUS DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (784kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (850kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (293kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan unsur-unsur segitiga menggunakan aturan kosinus dengan strategi pembelajaran inkuiri, untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan unsur-unsur segitiga menggunakan aturan kosinus dengan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui mana yang lebih baik kemampuan siswa menentukan unsur-unsur segitiga menggunakan aturan kosinus dengan strategi pembelajaran inkuiri daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X MIA SMA Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian seluruh kelas X MIA yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik cluster random sampling yaitu mengambil dua kelas dari lima kelas secara acak dan diperoleh sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas X MIA-1 dan kelas kontrol, yaitu X MIA-2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk uraian sebanyak 3 soal yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa menentukan unsur-unsur segitiga mengunakan aturan kosinus dengan strategi pembelajaran inkuiri adalah 76,96, nilai rata-rata kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional adalah 64,26 dan kemampuan siswa menentukan unsur-unsur segitiga menggunakan aturan kosinus dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X MIA SMA Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability, Inquiry Learning Strategies, Conventional Learning, Cosine Rules
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Tutiarny Naibaho, M.Pd-NIP. 196803061992032003
Pembimbing IIDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:50
Last Modified: 07 Dec 2020 03:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item