PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA IPASMATERI TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN SISWA KELAS 5 SD NEGERI 101856 GUNUNG RINTIH T.A 2024/2025

PASARIBU, ARMEN DINAMIKA, 2105030265 (2025) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA IPASMATERI TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN SISWA KELAS 5 SD NEGERI 101856 GUNUNG RINTIH T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (253kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (316kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (528kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bagi pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan lembar kerja peserta didik (LKPD) Materi Teknologi Untuk Kehidupan Kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih. Penelitian ini berpopulasi di Kelas V SD Negeri 1018156 Gunung Rintih dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan lembar kerja peserta didik berbasis project based learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang mencakup empat langkah antara lain: Pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop),Pwnywbaran (disseminate).Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui Penelitian ini menggunakan data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi sedangkan data uji kepraktisan oleh guru kelas V dan peserta didik kelas V SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran lembar kerja peserta didik pada materi teknologi untuk kehidupan kelas V SD" Sangat Valid" dengan rincian persentase kevalidan yang diberikan oleh ahli media 2,9 dan setelah melakukan revisi kepada ahli media, dihasilkan kembali 3,9 dengan kategori "Sangat Valid", oleh ahli materi dihasilkan 2,9 dan setelah revisi kepada ahli materi dihasilkan kembali 3,8 dengan kategori "Sangat Valid". Rincian Presentase kepraktisan yang diberikan oleh guru melalui kelas V SD melalui angket Respon Guru sebesar 3.8 dengan kategori "Sangat Praktis", dan Respon peserta didik kelas IV SD sejumlah 26 orang sebesar 3,6 dengan kategori "Sangat Praktis". Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lembar kerja peserta didik (LKPD) ada materi Teknologi bagi kehidupan kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih "Sangat Valid" dan "Sangat Praktis" digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: LKPD, Project Based Learning, IPAS
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRITA HERLINA BR PA, S.Pd., M.Pdrperanginangin@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Armen dinamika
Date Deposited: 13 May 2025 01:59
Last Modified: 13 May 2025 01:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item