PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI RANTAI MAKANAN KELAS V UPT SDN 060827 MEDAN AMPLAS T.P 2024/2025

HUTAPEA,ELIANA PAULIMA, 2105030118 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI RANTAI MAKANAN KELAS V UPT SDN 060827 MEDAN AMPLAS T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover Eliana Hutapea .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (291kB)
[img] Text
ABSTRAK Eliana Hutapea.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)
[img] Text
BAB 1 Eliana Hutapea.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (226kB)
[img] Text
BAB 2 Eliana Hutapea.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (423kB)
[img] Text
BAB 3- 5 Eliana Hutapea (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Eliana Hutapea (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
Lampiran Eliana Hutapea (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (862kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar IPAS menggunakan model pembelajaran PjBL, (2) untuk mengetahui hasil belajar IPAS tanpa menggunakan model pembelajaran PjBL dan (3) untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar IPAS kelas V UPT SDN 060827 Medan Amplas T.P 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V UPT SDN 060827 Medan Amplas T.P 2024/2025. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas V yang berjumlah 57 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pretest dikelas V-A dan V-B. Hasil rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 40,17 dan nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol yaitu 41,39. Hasil rata-rata nilai tes akhir yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 78,03 yakni kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dan kelas control yaitu 75,68 yakni kelas yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran PjBL. Hasil analisis jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji T. Sehingga diperolehkan data nilai Postest kelas V-A dan V-B yaitu Thitung = 3,393 dan nilai Ttabel = 1,673 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar IPAS pada materi rantai makanan kelas V UPT SDN 060827 Medan Amplas T.P 2024/2025. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPAS , Model PjBL

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, IPAS, PjBL Model
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRupina Magdalena Br Tarigan, M.Pdtiganrupina@gmail.com111108901
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, M.Pdtiolinahotma@gmail.com0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Eliana
Date Deposited: 21 May 2025 04:25
Last Modified: 21 May 2025 04:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item