ERLIKASNA BR MILALA, ERLIKASNA (2025) PENGARUH GAME EDUKASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 060972 SIMALINGKAR B T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (489kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB III- V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (725kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (243kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi siswa di kota Medan, Berdasarkan data pendidikan lokal, sekitar 30-40% siswa SD di Medan berhasil mencapai atau melampaui standar kompetensi minimum dalam matematika, sementara sisanya masih berada di bawah standar. Salah satu faktor penyebab nya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif dalam pembelajaran numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Game Edukasi Digital terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 22 siswa di kelas eksperimen dan 20 siswa di kelas kontrol di UPT SDN 060972 Simalingkar B. Kelas eksperimen diajar menggunakan Game Edukasi Digital, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Nilai awal kemampuan numerasi siswa kelas VA adalah 46,00 dan kelas VB 32,00, Hasil penelitian menunjukkan rata- rata nilai post-test siswa kelas eksperimen sebesar 89,09 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 60,00. Analisis statistik menunjukkan pengaruh signifikan dari penggunaan Game Edukasi Digital terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa. Perolehan nilai t-hitung = 2.97 > dari t-tabel = 2.021, Karena t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dapat disimpulkan bahwa Game Edukasi Digital merupakan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk mendukung penguatan kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi teknologi serupa dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kata Kunci: Game Edukasi Digital, kemampuan numerasi, quasi-eksperimen, pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital educational games, numeracy skills, quasi-experiments, mathematics learning. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username erlikasna | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 May 2025 03:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 May 2025 03:47 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |