TARIGAN, SAMUEL REMANGGA, 1505010031 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN UNSUR-UNSUR SEGITIGA MENGGUNAKAN ATURAN KOSINUS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS X IPA SMA KHATOLIK 2 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (113kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (284kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (582kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (651kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (248kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan ketercapaian tujuan pembelajaran khusus dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi menentukan unsur-unsur segitiga menggunakan aturan kosinus serta untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan unsur-unsur segitiga menggunakan aturan kosinus dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X IPA SMA Khatolik 2 Kabanjahe tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Khatolik 2 Kabanjahe yang berjumlah 41 orang. Objek penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan siswa menentukan unsur-unsur segitiga menggunakan aturan kosinus di kelas X IPA SMA Khatolik 2 Kabanjahe tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, tes dan data diolah menggunakan analisis diskriptif dan uji statistik uji t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siklus 1 pelaksanaan pembelajaran dari aktifitas guru adalah 59,5% berkategori cukup dan aktifitas siswa diperoleh nilai 67,4 berkategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh 77,5% belum tercapai secara klasikal. Ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK) diperoleh 60,97% belum tuntas. Sedangkan hasil penelitian siklus 2 pelaksanaan pembelajaran dari aktifitas guru adalah 78,14% berkategori baik dan aktifitas siswa diperoleh nilai 83% berkategori baik.Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh 85,36% sudah tercapai secara klasikal. Ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK) diperoleh 90,7% tuntas.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ability, Student Teams Achievement Division (STAD), Conventional Learning, Classroom Action Research (CAR), Determining Triangle Elements with the Cosine Rule | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikaan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2020 04:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2021 04:11 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/336 |
Actions (login required)
View Item |