PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA T.P 2024/2025

Kacaribu,Via Saberina br, 2105030298 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (766kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (635kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (563kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar Matematika siswa dengan model Problem Based Learning berbantuan Wordwall di kelas III SD Negeri 060938 Kwala Bekala T.P 2024/2025. 2) Hasil belajar Matematika siswa tanpa menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wordwall di kelas III SD Negeri 060938 Kwala Bekala T.P 2024/2025. 3) Adanya pengaruh signifikan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri 060938 Kwala Bekala T.P 2024/2025. Adapun masalah dari sekolah tersebut adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dan instrumen penelitian ini adalah tes. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III, kelas III A ( kelas kontrol) berjumlah 22 siswa dan kelas III B (kelas eksperimen) berjumlah 20 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III yang berjumlah 42 siswa. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dikelas III SD Negeri 090638 Kwala Bekala T.P 2024/2025 diperoleh nilai rata-rata 89,75. Hasil belajar siswa tanpa menggunakann model problem based learning berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dikelas III SD Negeri 090638 Kwala Bekala T.P 2024/2025 diperoleh nilai rata-rata 80,68. Ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model problem based learning berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dikelas III SD Negeri 090638 Kwala Bekala T.P 2024/2025. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil dari pengujian hipotesis uji t posttest kelas III A (kelas kontrol) dan kelas III B (kelas eksperimen) adalah t_hitung> t_tabel atau 2,61 > 2,02 maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning outcomes mathematics, Wordwall media, Problem Based Learning (PBL) model
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs.Hartono Sembiring, M.Pddosen@gmail.com19065702
Pembimbing IIIrwansyah, M.Pddosen@gmail.com115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Via Saberina Kacaribu
Date Deposited: 15 May 2025 02:45
Last Modified: 15 May 2025 02:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item