MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MUNTHE, MEILYSA ALDIA, 1505030123 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (454kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (584kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (734kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (284kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media visual. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040444 Kabanjahe, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 34 orang. Sedangkan objek penelitian adalah media Visual terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sistem Pernapasan Pada Manusia kalas V SD Negeri 040444 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes esai. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Media Visualpada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia di Kelas V berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 66 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 67,35% dari 34 orang siswa terdapat 20 orang yang memperoleh nilai ≥ 65 atau tuntas belajar dan 14 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76 dari 34 terdapat 29 siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 atau tuntas belajar dan 5 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Media Visualdapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia di Kelas V SD Negeri 040444 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Visual Media, Science Subjects
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIFriscilla Sembiring, M.Pd-NIDN. 0103039201
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:57
Last Modified: 29 Jan 2021 09:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item