PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 101816 PANCUR BATU T.P 2024/2025

TRISKITAWATI BR KETAREN, TRISKITA (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 101816 PANCUR BATU T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (968kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (238kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (359kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (391kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (805kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 101816 Pancur Batu, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Masalah yang diidentifikasikan adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat metode pengajaran yang monoton dan kurangnya media pembelajaran yang menarik. Metode Penelitian yagng digunakan adalah kuantitatif dengan desain semu, melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan wordwall dan kelas kontrol yang tidak menggunakannya. Hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan siswa di dua kedua kelas tidak jauh berbeda. Namun, setelah pembelajaran rata-rata nilai akhir siswa di kelas IV-A yang menggunakan wordwall mencapai 80, sedangkan kelas IV-B tanpa wordwall hanya 70. Uji statistika menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunakan wordwall terhadap hasil belajar siswa, dengan t-hitung sebesar 2,11 yang lebih besar dari t-tabel 1,9. penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa, guru, dan penelitian selanjutnya. kata kunci : Media pembelajaran, wordwall, IPAS

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Wordwall, IPAS.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDVERA DEWI KARTINI OMPUSUNGGU, S.Pd.,M.Pdnasranidua_ompusunggu@yahoo.com121048704
UNSPECIFIEDR.L.HOLMES PARHUSIP, S.Pd.,M.Pdholmesphsp720@gmail.com0128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Triskitawati
Date Deposited: 19 May 2025 05:05
Last Modified: 19 May 2025 05:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3407

Actions (login required)

View Item View Item