SARI, YESSI DEVITA, 1605030192 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENYIMAK SISWA KELAS V SDN 060937 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (784kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (863kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari kesulitan menyimak pada siswa, ditinjau dari dari faktor internal dan eksternal serta faktor apa saja yang mempengaruhi siswa kesulitan dalam menyimak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jenis penelitian deskriftif yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak guru belum menerapkan pembelajaran menyimak. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 060937 Medan Johor Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan subjek penelitian adalah pembelajaran menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 060937 Medan Johor Tahun Ajaran 2019/2020 Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata seluruh siswa dalam kemampuan menyimak cerita SDN 060937 Medan Johor adalah 42,63 dengan kriteria kurang baik. Jika dilihat dari hasil tes konsentrasi siswa, jumlah kata yang dihitung, dan kesesuaian isi dengan yang disimak pembelajaran menyimak di kelas V SDN 060937 Medan Johor dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyimak cerita termasuk kurang baik. Faktor penyebab siswa sulit menyimak adalah faktor internal yaitu kurangnya kesiapan dan kurang konsentrasi, sedangkan faktor eksternal yaitu siswa yang ribut, siswa yang diganggu temannya ketika menyimak cerita dan faktor dari guru yang kurang mengajarkan pembelajaran menyimak pada siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Difficulty, Listening | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2020 07:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2020 07:41 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/342 |
Actions (login required)
View Item |