Gelora Afriani, Gelora (2025) PENGARUH MEDIA VISUAL PEMBELAJARAN POSTER EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V UPT SDN 060972 SIMALINGKAR B T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
Sampul.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (316kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (17kB) |
![]() |
Text
Bab I..pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (118kB) |
![]() |
Text
Bab II..pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (63kB) |
![]() |
Text
Bab III-V..pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (524kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (16kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (832kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi siswa di Kota Medan. Pada tahun 2020, kemampuan numerasi siswa hanya mencapai 50% dan meningkat menjadi 62% pada tahun 2024. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dan bervariasi, sehingga memengaruhi pencapaian siswa dalam numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media visual pembelajaran berupa poster edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V SD di UPT SD Negeri 060972 Simalingkar B. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VA dan VB, yang berjumlah 42 siswa (kelas VA sebanyak 20 siswa dan kelas VB sebanyak 22 siswa), dengan semua siswa dijadikan sampel. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) berupa pretest-posttest kelompok kontrol. Kelompok eksperimen (kelas VA) menggunakan media visual pembelajaran berupa poster edukasi, sementara kelompok kontrol (kelas VB) tidak menggunakannya.Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai kelas VB adalah 30, sedangkan kelas VA adalah 45. Setelah diberikan perlakuan, hasil posttest menunjukkan peningkatan nilai rata-rata menjadi 89 pada kelas VA (kategori sangat baik) dan 61,82 pada kelas VB (kategori baik). Uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung (2,45) lebih besar dari t tabel (2,024), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan poster edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa. Kesimpulannya, media visual pembelajaran berupa poster edukasi terbukti efektif dalam menumbuhkan kemampuan numerasi siswa kelas V di UPT SD Negeri 060972 Simalingkar B. Kata Kunci: media visual, poster edukasi, kemampuan numerasi
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | visual media, educational posters, numeracy skill. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username gelora | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 May 2025 04:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 May 2025 04:29 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |