PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SD NEGERI 040570 TIGABINAN

GINTING,MIRANDA, 2105030108 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SD NEGERI 040570 TIGABINAN. Skripsi thesis, UNIVERSITS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (409kB)
[img] Text
ABSTRAK MIRANDA 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (121kB)
[img] Text
BAB 1 MIRANDA 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (206kB)
[img] Text
BAB II MIRANDA 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (382kB)
[img] Text
BAB III-V MIRANDA 1.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (657kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MIRANDA 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN MIRANDA 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran lapbook, hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran lapbook, dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran lapbook. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040570 Tigabinanga dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga dengan jumlah siswa kelas VA 25 siswa, dan kelas VB 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan desain pretest and posttest control group design dengan mengguakan media pembelajaran lapbook, dan dengan alat pengumpul data berupa essay test sebanyak 5 soal. Berdasarkan dari data analisis data di peroleh hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia dengan menggunakan media lapbook di kelas VA SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2024/2025 diperoleh nilai rata-rata 84,56, dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia tanpa menggunakan media lapbook di kelas VB SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2024/2025 diperoleh nilai 69,76,dan nilai thitung didapatkan sebesar 4,1306, sedangkan nilai ttabel =2,010 sehingga dapat di simpulkan terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran lapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lapbook media, Quasi Experiment, Science Lessons.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I.,M.Pdwidiyartigemala@gmail.com0123098602
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd, M.Pdtiolinahotma@gmail.com0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Miranda Br Ginting
Date Deposited: 15 May 2025 05:45
Last Modified: 15 May 2025 05:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item