PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATERI CARA KERJA PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 104186 TJ. SELAMAT KAB. DELI SERDANG T.P 2024/2025

Octavia Sri Ulina, Octavia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATERI CARA KERJA PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 104186 TJ. SELAMAT KAB. DELI SERDANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER OCTAVIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (633kB)
[img] Text
ABSTRAK OCTAVIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (261kB)
[img] Text
BAB I OCTAVIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (406kB)
[img] Text
BAB II OCTAVIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (812kB)
[img] Text
BAB III, IV, & V OCTAVIA FIX.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA OCTAVIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN OCTAVIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar berbasis aplikasi canva pada materi cara kerja pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 104186 Tj. Selamat Kab. Deli Serdang. Penelitian pengembangan ini untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media ajar berbasis aplikasi canva. Penelitian ini menggunakan pendekatan Researh and Development dengan menggunakan model Richey and Klein atau PPE (Planning, Production and Evaluation). Instrument yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media ajar berbasis aplikasi canva adalah lembar validasi oleh ahli media dan materi, dan lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari validator ahli media diperoleh presentase 93,3% dengan kategori sangat valid. Validator ahli materi diperoleh presentase 88% dengan kategori sangat valid. Hasil rata-rata presentase kevalidan sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Adapun uji kepraktisan media ajar berbasis aplikasi canva yang dilakukan oleh guru kelas V diperoleh data presentase sebesar 96,6% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan dan uji kepraktisan respon siswa kelas V SD Negeri 104186 Tj. Selamat Kab, Deli Serdang diperoleh data presentase sebesar 89,7% dengan kategori sangat praktis. Hasil rata-rata presentase kepratisan sebesar 90,9% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian media ajar berbasis aplikasi canva pada materi cara kerja pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 104186 Tj. Selamat Kab. Deli Serdang yang dikembangkan dinyatakan sudah sangat valid dan praktis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development of Teaching Media, Canva, Human Digestive System
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDHasni Suciawati, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.com0104048903
UNSPECIFIEDJuliana Br Simbolon, SP, M.Sijuliana.uq@gmail.com0118077802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username octavia
Date Deposited: 12 May 2025 11:36
Last Modified: 12 May 2025 11:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item View Item