INDRA SUPERTA SIANTURI, SIANTURI
(2025)
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY
TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI
CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP KELAS 3
UPT SDN 060935 KWALA BEKALA
T.A 2024/2025.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Full text not available from this repository.
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran outdoor study terhadap hasil belajar IPAS pada materi ciri-ciri
makhluk hidup di Kelas III UPT SDN 060935 Kwala Bekala T.A 2024/2025.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 22
orang yang terbagi menjadi dua kelas dan dijadikan sebagai sampel penelitian.
Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan berganda dengan
jumlah total 20 soal. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hasil belajar
siswa kelas III UPT SDN 060935 Kwala Bekala T.A 2024/2025 yang menerima
pembelajaran menggunakan metode pembelajaran outdoor study lebih tinggi
dibandingkan hasil belajar siswa yang menerima pembelajaran tanpa
menggunakan metode pembelajaran outdoor study. Hasil uji hipotesis diperoleh
nilai > = 2,204 > 2,086 yang artinya ditolak dan diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode
pembelajaran outdoor study pada pelajaran IPAS dengan materi Ciri-ciri Mahluk
Hidup di kelas III UPT SDN 060935 Kwala Bekala T.A 2024/2025.
Item Type: |
Thesis/Skripsi
(Skripsi)
|
Uncontrolled Keywords: |
Outdoor Study, Learning Outcomes, IPAS |
Subjects: |
000 Generalities |
Divisions: |
Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD |
Contributors: |
Contribution | Name | Email | NIDN/NIP |
---|
UNSPECIFIED | SITI RAKIYAH, S.Pd., M.Hum | Sitirakiyah09@gmail.com | NIDN 110058507 | UNSPECIFIED | VINA MARIA OMPUSUNGGU, S.Sos.MSP | vinaompusunggu@gmail.com | NIDN 0107038901 |
|
Department: |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: |
Unnamed user with username Indra Superta
|
Date Deposited: |
09 May 2025 07:03 |
Last Modified: |
09 May 2025 07:05 |
URI: |
http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3432 |
Actions (login required)
 |
View Item |