PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD PUTRA BANGSA BERBUDI KECAMATAN DELITUA T.P 2024/2025

Andini, Alya, S.Pd (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD PUTRA BANGSA BERBUDI KECAMATAN DELITUA T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER ALYAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (658kB)
[img] Text
ABSTRAK ALYAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)
[img] Text
BAB I ALYA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (120kB)
[img] Text
BAB II ALYA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (265kB)
[img] Text
BAB III - V ALYA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ALYA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN ALYA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (818kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan metode Course Review Horay (CRH) 2) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa tanpa menggunakan Metode Course Review Horay (CRH) 3) Pengaruh yang signifikan dari Metode Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, penelitian ini dilaksanakan di SD Putra Bangsa Berbudi Kecamatan Delitua populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas Eksperimen 40 orang siswa dan di kelas kontrol 40 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes essai, data yang digunakan adalah Uji Normalitas Data, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diketahui dari hasil tes setelah tanpa menggunakan Metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) didapatkan rata-rata sebesar 85,25. Sementara hasil tes menggunakan Metode Course Review Horay (CRH) didapatkan rata-rata sebesar 91,15. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Bahasa Indonesia . Metode ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih memahami materi melalui pembelajaran aktif dikelas. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk menerapkan metode Course Review Horay (CRH) dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia disekolah dasar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay (CRH), learning outcomes, Indonesian, elementary school education
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti, S. Sos I,. M. Pddosen@gmail.com0123098602
Pembimbing IIMuhammad Daliani, S. Pd., M. Sidosen@gmail.com0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Alya
Date Deposited: 17 May 2025 03:27
Last Modified: 17 May 2025 03:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3438

Actions (login required)

View Item View Item