ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PENULISAN GABUNGAN KATA DI KELAS V SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2019/2020

NAINGGOLAN, ELI ESTER, 1605030024 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PENULISAN GABUNGAN KATA DI KELAS V SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (184kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (546kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (96kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulisan gabungan kata, kesulitan-kesulitan penulisan gabungan kata dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam penulisan gabungan kata di Kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan instrumen Instrumen tes (digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan-kesulitan penulisan gubungan kata), sedangkan wawancara (digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam penulisan gabungan kata). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 068003 Medan Tuntungan pada minggu ke-IV bulan Nopember 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan berjumlah 58 orang sekaligus sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata seluruh siswa dalam kemampuan penulisan gabungan kata adalah 62,74 dari 58 siswa. Jika dilihat dari hasil tes siswa kesulitan saat penulisan gabungan kata berimbuhan awalan dan akhiran dapat dengan kriteria sangat kurang mampu (93,10%). Kemampuan ini dapat ditunjukan dari hasil tes yang telah dilaksanakan peneliti. Dari hasil tes dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa siswa tidak mengerti karena tidak pernah dipelajari, tidak mengerti konsep penulisan gabungan kata dan guru kurang memperhatikan tulisan siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Combination Of Words
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP.196602101992031001
Pembimbing IIIrwansyah, S.Pd., M.Pd-NIDN.0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:55
Last Modified: 16 Nov 2020 06:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item