ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PEMBAGIAN BILANGAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS V SDN 068003 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

TARIGAN, WINDA ELOVANY BR, 1605030055 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PEMBAGIAN BILANGAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS V SDN 068003 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (909kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar matematika dan mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi pembagian pecahan campuran di kelas V SDN 068003 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Sebagai populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 068003 Medan yang sekaligus sebagai sampel penelitian dengan jumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan wawancara, dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase, rata-rata dan kriteria penilaian. Hasil penelitian di SDN 068003 Medan menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa menghitung pembagian pecahan campuran termasuk kriteria rendah. (2) kesulitan belajar matematika siswa adalah kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan dalam pemecahan masalah yang ketiganya termasuk kriteria sedang. (3) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika adalah sikap dalam belajar, motivasi belajar, dan minat belajar matematika yang masing-masing berkriteria sedang.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Learning Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heriyanto, M.Pd-NIP.196412101992031002
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pd-NIDN.0104048701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 03 Mar 2020 08:16
Last Modified: 17 Nov 2020 02:56
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item