ANALISIS KESULITAN SISWA MENGEMBANGKAN IDE POKOK MENJADI SUATU PARAGRAF KELAS V SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2019/2020

SILABAN, KRISTOPEL, 1605030046 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA MENGEMBANGKAN IDE POKOK MENJADI SUATU PARAGRAF KELAS V SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (209kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (519kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan dan apa kesulitan siswa dalam mengembangkan ide pokok menjadi suatu paragraf di kelas V dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam mengembangkan ide pokok menjadi suatu paragraf. Populasi berjumlah 65 siswa dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil tes pada penelitian diperoleh nilai kemampuan siswa mengembangkan ide pokok menjadi suatu paragraf kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai rata-rata 62,81 masuk dalam kriteria tinggi dengan kesulitan pemakaian EYD yang baik dan benar dengan persentase kesulitan 79,69%, kerapian tulisan siswa dengan persentase kesulitan siswa 67,19% dan kesesuaian isi tulisan dengan topik tulisan dengan persentase kesulitan 64,06%. Kesulitan mengembangkan ide pokok menjadi suatu paragraf siswa kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan 2019/2020 masuk dalam kriteria tinggi. Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa mengembangkan Ide Pokok menjadi Suatu Paragraf kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2019/2020 adalah faktor rasa malas/ bosan mengikuti pembelajaran mengembangkan ide pokok menjadi suatu paragraf dan kesulitan siswa dalam berbahasa atau tidak banyak menguasai kosa kata.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Main Idea, Paragraphs
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 415 Grammar, Sentences, Syntax, Word Order
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP.196602101992031001
Pembimbing IIIrwansyah, S.Pd., M.Pd-NIDN.0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 03 Mar 2020 08:27
Last Modified: 16 Nov 2020 08:34
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item