ANGEKLIKA, FEBRYANI PUTRI, 2105030231 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SDN 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (674kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (627kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (986kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (299kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran keterampilan menulis siswa yang menggunakan model Pembelajaran Cooperative learning tipe group investigation terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan T.P 2024/2025. Gambaran keterampilan menulis siswa tanpa menggunakan model pembelajaran coooperative learning tipe group investigation terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan T.P 2024/2025. Adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Cooperative learning tipe group investigation terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif , kuasi eksperimen (Quasi Experiment Research) dengan desain Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 20 siswa kelas V-A sebagai kelas kontrol, dan 20 siswa di kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhintungan rata-rata tes awal siswa diperoleh 51,85 di kelas eksperimen dan rata-rata 60,05 di kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhintungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 91,4 di kelas eksperimen dan rata-rata 85,8 di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga data kelas kontrol da kelas eksperimen thitung = 4,262 > ttabel = 2,024. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SDNegeri 068003 Medan Tuntungan T.P 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative learning model of Group investigation, writing skills, short stories | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Febryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 May 2025 06:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2025 06:11 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |