PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060937 MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025

SIMANJUNTAK, YOHANA TESALONIKA, 2105030321 (2025) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060937 MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (183kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (196kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran alat peraga perubahan energi dikelas V SD Negeri 060937 Medan Johor. Jenis penelitian ini adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060937 Medan Johor berada di gg. Sekolah JL Pintu Air II Kel Kwala Bekala Kec.Medan Johor. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2024 selama 1 hari. Subjek penelitian ini adalah sekolah 060937 Medan johor Kelas V SD yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian menunjukan kevalidan dilihat dari hasik skor yang diberikan oleh kedua validator yaitu validator ahli materi memperoleh skor 92,5 % dan validator ahli media skor 93,1 % dan skor yang diperoleh dari kedua validator termasuk kedalam kategori sangat valid, serta kepraktisan dapat dilihat melalui hasil angket respon guru dengan nilai 100 % sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang dikembangkan termasuk dala kategori praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah alat peraga yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dalam pennggunaannya untuk proses pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan alat peraga yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Props, Development, Energy Change
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. DEDI HOLDEN SIMBOLON, S.Si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 103118701
Pembimbing IIRIKAWATI GINTING MUNTHE, S.E., M.Sirikawati.ginting@gmail.comNIDN. 0114028003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Yohana Tesalonika
Date Deposited: 09 May 2025 03:18
Last Modified: 09 May 2025 03:18
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3469

Actions (login required)

View Item View Item