Zaharani, Paramita, 2105030336 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS II DI SD NEGERI 060950 MEDAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (205kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (629kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (312kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi siswa di Kota Medan, dimana pada tahun 2020 hanya mencapai 50% dan meningkat menjadi 62% pada tahun 2024. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang tepat dan bervariasi, sehingga memengaruhi pencapaian siswa dalam numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran ular tangga di SD Negeri 060950 Medan serta produk yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk media pembelajaran ular tangga. Jenis penelitian ini ialah Research & Development (R&D) dengan menggunakan Model ADDIE yang dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2024, penelitian ini sampai pada tahapan kelima dari lima tahapan dalam ADDIE yaitu Analisis, Desain, Development, Implementasi, Evaluasi. Penelitian menggunakan instrumen observasi, wawancara serta lembar valid dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari hasil dari validator berupa lembar validasi dari validator materi dengan nilai 95% dan dari validator media 90% dan termasuk dalam kategori “sangat valid” dengan jumlah rata – rata kevalidan diperoleh sebesar 92,5% maka termasuk dalam kategori “sangat valid”, serta kepraktisan dapat dilihat melalui hasil angket respon guru dengan nilai 98% temasuk dalam kategori “sangat praktis” dan respon siswa dengan nilai 92% termasuk dalam kategori “sangat praktis” dengan jumlah rata – rata kevalidan diperoleh sebesar 95% maka termasuk kategori “sangat praktis” sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Ular Tangga yang dikembangkan termasuk dalam kategori praktis. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran Ular Tangga yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dalam pengembangan media ular tangga pada mata pelajaran matematika untuk kemampuan numerasi siswa kelas II di SD Negeri 060950 Medan penggunaannya untuk proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Snakes and Ladders, Development, Addition and Subtraction | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username paramita | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 May 2025 05:53 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 May 2025 05:53 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |