PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SDN 067244 MEDAN T.P 2024/2025

SITEPU, RUT CONNY BR, 2105030203 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SDN 067244 MEDAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (734kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (681kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (882kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give materi bagian tumbuhan kelas IV SDN 067244 Medan T.P 2024/2025, untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa pada materi bagian tumbuhan kelas IV SDN 067244 Medan T.P 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 November s.d 29 November 2024 di SDN 067244 Medan T.P 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 067244 Medan, berjumlah 20 orang siswa yaitu 8 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design, desain penelitian ini adalah one group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa pada materi bagian tumbuhan nilai rata-rata pre-test 51 belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Minimal (KKTP). Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give diperoleh nilai rata-rata post-test 82,5 dan memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Minimal (KKTP). Terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa bahwa model ini layak atau efektif untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPAS materi bagian tumbuhan kelas IV SDN 067244 Medan T.P 2024/2025. Kata Kunci: Model Pembelajaran Take and Give, Hail Belajar, IPAS

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Take and Give learning model, Learning outcomes, IPAS
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMuhammad Daliani, S,Pd., M.Simddaniboys@gmail.com0128088804
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, S,Pd., M.Pdtiganrupina@gmail.com0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Rut Conny
Date Deposited: 16 May 2025 02:57
Last Modified: 16 May 2025 02:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3482

Actions (login required)

View Item View Item