PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA MATA PELAJARAN IPAS MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA KELAS IV SDN 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025

DAHLIA BERUTU, 2105030235 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA MATA PELAJARAN IPAS MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA KELAS IV SDN 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (885kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (465kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (672kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (407kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan Media Video Animasi Berbasis Canva Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Kelas IV SDN 068003 Medan Tuntungan T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil T.P 2024/2025. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah siswa berjumlah 25 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan uji coba skala kecil sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar angket validasi materi dan media, serta lembar angket respon guru dan siswa. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan dapat dilihat dari hasil kedua validator berupa lembar validasi dengan nilai rata-rata 92,72% dengan kategori sangat valid, serta kepraktisan dapat dilihat dari hasil angket respon guru dan angket respon siswa dengan nilai rata-rata 93,28% dengan kategori sangat praktis. Simpulan dari penelitian ini adalah media video animasi berbasis canva pada mata Pelajaran IPAS materi bagian tumbuhan dan fungsinya yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis dalam penggunaannya untuk proses pembelajaran, disarankan bagi guru yang menggunakan media video animasi berbasis canva yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords : Development, Animation Media, Canva-Based Media, IPAS
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRESTIO SIDEBANG, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IIGEMALA WIDIYARTI, S.SoS.i, M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Dahlia Berutu
Date Deposited: 09 May 2025 01:41
Last Modified: 09 May 2025 01:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3484

Actions (login required)

View Item View Item