PENGARUH KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS QUALITY

SITOHANG, NORA PUTRI (2025) PENGARUH KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS QUALITY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (510kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (213kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian konsumen melalui platform e-commerce Shopee pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Quality. Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi salah satu saluran utama bagi konsumen dalam melakukan pembelian, dan kelompok referensi berperan penting dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data dari responden yang merupakan mahasiswa aktif. Sampel yang diambil untuk penelitian ini sebanyak 100 responden dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas, uji parsial ( uji t) dan uji koefisien determinasi ( R^2 ). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok referensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai regresi sebesar p 0,001 < 0,05 dan Y`=28,348 + 0,882 dimana hasil uji parsial (uji t) menunjukan bahwa nilai signifikansi kelompok referensi (X) dan keputusan pembelian (Y) adalah 0,001 < 0,05 dan t hitung 5,035 > t tabel 1,984 maka H0 ditolak dan Ha diterima dan nilai R square ( R^2) 0.676 > 0,05 atau sebesar 67,6%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reference group, Purchase decision, E-Commerce Shopee
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Manajemen
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMARIA KRISTINA SITUMORANG, SE.,M.SImaryakristina0701@gmail.comNIP.0107018804
Pembimbing IIRIKAWATI GINTING MUNTHE, SE.,M.SIrikawati.ginting@gmail.comNIP.0114028003
Department: Menajemen
Depositing User: Unnamed user with username nora putri sitohang
Date Deposited: 14 May 2025 13:31
Last Modified: 14 May 2025 13:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3489

Actions (login required)

View Item View Item