MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 045952 GURUSINGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TARIGAN, SELVIANI BR, 1505030023 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 045952 GURUSINGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (441kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (814kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (229kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 045952 Gurusinga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Empat yang berjumlah 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada mata pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 24 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 29 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada materi Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui di kelas empat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Models Examples Non Examples
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 02:08
Last Modified: 19 Mar 2021 03:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item