TARIGAN, SELVIANI BR, 1505030023 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 045952 GURUSINGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (332kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (355kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (441kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (814kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (229kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 045952 Gurusinga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Empat yang berjumlah 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada mata pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 24 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 29 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada materi Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui di kelas empat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Learning Models Examples Non Examples | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2020 02:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2021 03:27 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/350 |
Actions (login required)
View Item |