PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 065011 MEDAN SELAYANG T.P 2024/2025

Jannifer Samuel Gebi Siburian, Jannifer (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 065011 MEDAN SELAYANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER JANNI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (828kB)
[img] Text
ABSTRAK JANNI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 1 JANNI.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB 2 JANNI.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB 3-5 JANNI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
DAPUS JANNI.pdf

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN JANNI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) unutk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model problem based learning pada mata Pelajaran matematika (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media batang napier pada mata Pelajaran matematika (3) Untuk mengetahui ada pengaruh signifikan dalam penggunaan Model Pembelajaran Problem based learning Berbantuan Media Batang Napier pada mata pelajaran Matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 48 orang dengan metode Quasi Eksperimental dan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian menggunakan tes yang berjumlah 5 soal dengan level kognitif C3. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil uji normalitas data yaitu kelas IVA pada saat pretest diperoleh 0,116 < 0,177 dan posttest kelas eksperimen (IVA) di peroleh 0,093 < 0,177 sedangkan kelas (IVB) pada saat Pretest diperoleh Lo = 0,089< L(0,05)(23) = 0,185 dan kelas kontrol (IVB) posttest Lo 0,103< L(0,05)(23) = < 0,185. Karena Lo hitung < Ltabel maka data pre test dan posttest kelas IVA dan IVB berdistribusi normal. Uji homoogenitas varians kelas IVA dan IVB pada saat pretest diperoleh Fhitung = 1,29 < F(0,05) (25.23) = 2,03 dan kelas IVA dan IVB posttest diperoleh Fhitung= 1,93 < F(0,05) (25.23) = 2,03 maka data pretest dan posttest kelas IVA dan IVB dinyatakan homogen. Uji hipotesis yang diperoleh Posttest t_hitung > t_tabel = 2,3351 > 2,0128 yang artinya H_o ditolak dan H_1 diterima. maka disimpulkan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran pembelajaran Problem based learning Berbantuan Media Batang Napier terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV UPT SD Negeri 065011 Medan Selayang Tahun Ajaran 2024/2025. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Mathematics Learning, Problem based learning.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDr. DEDI HOLDEN SIMBOLON, S.Si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN.103118701
UNSPECIFIEDARAS FIRDAUS, S.H., M.Hrechtraz@gmail.comNIDN.0104019002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username jannifer
Date Deposited: 09 May 2025 05:19
Last Modified: 09 May 2025 05:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3504

Actions (login required)

View Item View Item