PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR T.A 2018/2019

TAMBA, MUTIARA, 1505030224 (2019) PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (59kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (429kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (644kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (44kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan metode Inside Outside Circle lebih baik dari pada mengunakan metode Konvensional pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067690 Medan Johor. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor yang berjumlah 70 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas pararel. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa tes essay dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari hasil penelitian data diperoleh hasil belajar siswa dalam materi globalisasi mengunakan metode pembelajaran Inside Outside Circle memperoleh rata-rata 80,69 dan metode pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata 76,29. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan analisis uji t untuk data kelas IV-A (Inside Outside Circle ) dan kelas IV-B (konvensional) diperoleh nilai thitung = 3,4205 dan tabel =1,997, jadi nilainya thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari kedua data disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam materi globalisasi mengunakan metode Inside Outside Circle lebih baik dari pada mengunakan metode konvensional di Kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Methods, Inside Outside Circle, Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeki, M.Pd-NIDN. 0106019101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 04:37
Last Modified: 22 Mar 2021 08:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item