SEMBIRING, NINA SRI NATALIA BR, 2105030233 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III SD NEGERI 101816 PANCUR BATU T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (351kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (922kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (301kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan media Papan Pintar pada materi Perubahan Wujud Benda kelas III SD Negeri 101816 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2024/2025, untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan media Papan Pintar terhadap hasil belajar siswa pada materi Perubahan Wujud Benda di kelas III SD Negeri 101816 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 November 2024 di SD Negeri 101816 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 101816 Pancur Batu berjumlah 56 siswa yang terdiri dari kelas III-A dan III-B. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah Essay. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa pada materi Perubahan Wujud Benda yang menunjukkan bahwa hasil Pre Test kelas Eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 20 dan pre test kontrol di peroleh nilai rata-rata 22 yang tergolong masih rendah. Sedangkan nilai rata-rata hasil postes kelas eksperimen adalah 86 dan pos test kelas kontrol adalah 40 yang menandakan bahwa hasil setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Smart Board Media, Changes in the Form of Objects, Student Learning Outcomes. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username NINA SRI NATALIA BR SEMBIRING | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 May 2025 03:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 May 2025 03:46 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |