SINURAYA, APRILLIANTA, 1505030444 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN KONSEP SUMBER DAYA ALAM DI KELAS III SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (970kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (105kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (259kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (394kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (628kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (105kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 040471 Kampung Merdeka yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan konsep sumber daya alam. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil observasi aktivitas guru yaitu 81% dan aktivitas siswa yaitu 84%, masuk dalam kategori baik. Dari 30 orang siswa terdapat 26 orang siswa yang memperoleh tuntas belajar dan 4 orang siswa yang tidak tuntas belajar, dengan demikian secara klasikal terdapat 86,67% yang tuntas belajar. Serta nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 83,66. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstualdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SD Negeri 040471 Kampung Merdeka Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classroom Action Research, Learning Outcomes, Contextual Approach |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] |
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 04:45 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 04:45 |
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/353 |
Actions (login required)
View Item |