TARIGAN, SEPTI NOVIANTI BR, 2105030241 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 104233 BANDAR LABUHAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (301kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (87kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (30kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 104233 Bandar Labuhan. Hasil observasi menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang kesulitan dalam menyampaikan ide pemikiran mereka dalam bentuk pertanyaan, serta kurang aktif saat diberikan kesempatan untuk bertanya oleh guru. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar setelah materi diajarkan, yang menunjukkan adanya masalah dalam pemahaman materi yang disampaikan. Usaha guru dalam memotivasi dan membangkitkan minat belajar peserta didik dinilai masih belum maksimal. Penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar, seperti orang tua dan teman, berkontribusi terhadap rendahnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mendorong siswa agar lebih aktif dan berusaha mendapatkan pujian dari orang tua dan guru, yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi mereka. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen dengan kelompok kontrol dan eksperimen. Pengukuran hasil belajar dilakukan melalui tes pilihan ganda yang terdiri dari 10 butir soal, yang dirancang untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rata-rata pretest 38.93 sedangkan nilai rata-rata posttest 77.5, nilai thitung = 2.633 pada taraf signifikan 0.05 diperoleh ttabel = 2.006 maka nilai thitung>ttabel terima H1 atau Ada pengaruh signifikan Penggunaan Model pembelajaran TGT berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS dikelas V di SD Negeri 104233 Bandar Labuhan Tahun Ajaran 2024/2025. Jadi, dapat disimpulkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media crossword puzzle efektif dipakai pada pembelajaran IPAS pada materi ada apa saja di bumi kita.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Learning Results, Team games tournament, Social sciences | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Septi novianti | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 May 2025 08:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2025 08:56 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3532 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |