PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 060973 MEDAN SELAYANG TA 2024/2025

GINTING, GINA LOREN BR, 2105030015 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 060973 MEDAN SELAYANG TA 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (257kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (255kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (473kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar tanpa menggunakan media Scrapbook, 2) Hasil belajar penggunaan media pembelajaran Scrapbook, 3) Adanya pengaruh Signifikan terhadap hasil belajar siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Quasi Eksperiment, teknik pengumpulan data yang diperlukan yaitu menggunakan uji normalitas data (lilifors), uji homogenitas (uji F), dan uji hipotesis (uji T). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 060973 Medan Selayang pada semester ganjil TA 2024/2025, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas V berjumlah 76 siswa, serta sampelnya terdiri dari kelas kontrol V-B berjumlah 25 siswa dan kelas eksperiman V-C 25 berjumlah siswa. Alat pengumplan data berupa tes soal pilihan berganda sebanyak 10 soal yang sudah divalidkan. Hasil penelitian yaitu hasil belajar IPAS siswa materi Sifat-sifat Cahaya dengan menggunakan Media Pembelajara Scrapbook siswa kelas V SDN 060973 Medan Selayng memproleh nilai rata-rata pada pretest 36,4 dan pada posttest nilai rata-rata 79,6. Hasil belajar IPAS siswa pada materi Sifat-sifat Cahaya tanpa menggunakan Media Pembelajaran Scrapbook siswa kelas V memperoleh nilai rata-rata pretest 42 dan pada posttest memperoleh nilai ratarata 70,8. Terdapat pengaruh penggunaan Media pembelajaran Scrapbook terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 060973 Medan Selayang TA 2024/2025. Berdasarkan analisis data menggunakan media Scrapbook di kelas V, maka hipotesis yang menggunakan Uji T dengan taraf signifikan= 0,05 diproleh thitung = 2,047 > ttabel 1,677 maka data dapat disimpulkan (Ha) ditolak atau (H1) diterima.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, Scrapbook, Learning Media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMUHAMMAD DALIANI, S.Pd., M.Simddaniboys@gmail.comNIDN. 0128088804
Pembimbing IIGEMALA WIDIYARTI, S.SoS.i, M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Gina Loren
Date Deposited: 09 May 2025 02:25
Last Modified: 09 May 2025 02:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item