Tarigan, Sri Ulina Br, 2105030337 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN 064023 KEMENANGAN TANI MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
Sampul.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (336kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (485kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (360kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture tehadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 064023 Kemenangan Tani Medan T.P 2024/2025. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture tehadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 064023 Kemenangan Tani Medan T.P 2024/2025. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran picture and picture tehadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 064023 Kemenangan Tani Medan T.P 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V-A sebanyak 25 siswa dan kelas V-B sebanyak 25 siswa dan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 50 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah divalidkan terlebih dahulu kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: Kemampuan belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajra picture and picture terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 064023 Kemenangan Tani Medan T.P 2024/2025 memperoleh hasil rata-rata PreTest 43,75 dan rata-rata Post Test 91,6. Sedangkan kemampuan belsajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 064023 Kemenangan Tani Medan T.P 2024/2025 memperoleh hasil rata-rata PreTest 57,14dan rata-rata Post Test 94,1. Ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 064023 Kemenangan Tani Medan T.P 2024/2025 dibuktikan dari perolehan nilai t hitung = 2,15 sedangkan t tabel = 1,67 maka nilai t hitung> t tabel terima atau Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media picture and picture terhadap hasil belajar IPAS materi rantai makanan kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani, Kecamatan Medan Tuntungan T.P 2024/2025. Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar, IPAS
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Picture and Image Learning Model, Learning Outcomes, IPAS. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Sri Ulina | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 May 2025 06:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 May 2025 06:03 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |