PENGARUH MEDIA PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS DAUR HIDUP HEWAN KELAS III SDN 060938 MEDAN

BRUTU, TESA TERESIA BR, 2105030080 (2025) PENGARUH MEDIA PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS DAUR HIDUP HEWAN KELAS III SDN 060938 MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (298kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (941kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan media Picture and picture pada materi daur hidup hewan kelas III SDN 060938 Medan. Adapun masalah dari sekolah adalah media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran IPAS masih kurang bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 060938 Medan T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 20 siswa kelas III-A sebagai kelas eksperimen, dan 20 siswa di kelas III-B sebagai kelas kontrol. Hasil nilai ratarata tes akhir yang diperoleh kelas III-A adalah 85,5 kelas eksperimen dengan menggunakan model inquiry dengan media Picture and picture dan kelas III-B adalah 77,5 kelas kontrol dengan menggunakan model inquiry tanpa media Picture and picture.Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model inquiry dengan media Picture and picture di kelas eksperimen dan pembelajaran dengan menggunakan model inqury tanpa media Picture and picture di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan signifikan = 0,05 sehingga diperoleh data kelas kontrol dan kelas eksperimen thitung = 2,108 > ttabel = 2,024. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Picture and picture berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas III SDN 060938 Medan T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Influence, Media Picture and picture, Learning outcome
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Pembimbing IIVINA MARIA OMPUSUNGGU, S.Sos.MSPvinaompusunggu@gmail.comNIDN. 0107038901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Tesa Teresia Br Brutu
Date Deposited: 30 May 2025 02:08
Last Modified: 30 May 2025 02:08
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3549

Actions (login required)

View Item View Item