MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI BERTINGKAT RAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEMBIRING , EDWIN WIRANATA, 1505030068 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI BERTINGKAT RAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (253kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (398kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (681kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (171kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Talking Stickdi kelas V SD Negeri Bertingkat Raya Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Bertingkat Raya yang berjumlah 27 orang siswa, dan sebagai objek penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan dua siklus yang berupa pilihan berganda dan lembar observasi. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan persentase 56,2% dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa mendapat skor 60 sedangkan ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 17 siswa dari 27 siswa dan yang tidak tuntas 10 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 55,55% dan nilai rata – rata siswa 63,7. Berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru yaitu dengan presentase 77,6% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 76, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 23 siswa dari 27 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar yaitu 4 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 85,1%dan nilai rata – rata siswa 80. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan suhu dan kalor di kelas V SD Negeri Bertingkat RayaTahun Pelajaran 2018/2019 sudah tuntas secara klasikal dan mencapai kategori baik, dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan suhu dan kalor di kelas V SD Negeri Bertingkat RayaTahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick Learning Models, Temperature And Heat
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 05:02
Last Modified: 04 Mar 2020 05:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item