LETIN DORAWATI, 2105030158 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 101819 PANCUR BATU T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (406kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (37kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (495kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (192kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Hasil Belajar Siswa yang rendah disebabkan karena siswa bersifat pasif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan model dan media tanpa variasi sehingga timbul kebosanan pada diri siswa, siswa tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, belum maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS karena rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan media pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi bersifat monoton mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk belajar, dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian di SD Negeri 101819 Pancur Batu dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan model pembelajaran wordwall pada mata pelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dan pretest and psostest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 39 Siswa yang terdiri dari kelas V-A 20 Siswa dan kelas V-B 18 Siswa . Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas varians, dan uji independen antar dua factor. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen antar dua factor untuk data kelas V-A yang daiajar tanpa menggunakan media wordwall mendapat nilai rata-rata 73 dan kelas V-B yang diajar dengan media wordwall mendapat nilai rata-rata 83. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: IPAS, Learning Outcomes, Wallboard Learning Model | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Letin dorawati | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 May 2025 09:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 May 2025 09:43 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |