PADANG, SELVIANA, 2105030041 (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SIKLUS HIDUP HEWAN BERBASIS ANIMAKER DI KELAS IV SD NEGERI 104219 TANJUNG ANOM T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS UALITY.
![]() |
Text
COVER SELVIANA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (242kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SELVIANA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (65kB) |
![]() |
Text
BAB I SELVIANA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB II SELVIANA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB III - V SELVIANA .pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (605kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SELVIANA .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (74kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN SEVIANA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (710kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran siklus hidup hewan berbasis aplikasi Animaker pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 104219 Tanjung Anom. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan ketertarikan video animasi berbasis aplikasi Animaker. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research dengan menggunakan model Richey and Klien atau PPE (Planning, Production, Evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media video pe,belajaran berbasis aplikasi animaker adalah lembar validasi dan lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari validator ahli media diperoleh presentase 98,3% dengan katagori sangat valid. Validator ahli materi diperoleh data presentase sebesar 95% dengan katagori sangat valid. Adapun uji kepraktisan media pembelajaran video pembelajaran berbasis aplikasi Animaker yang dilakukan oleh guru kelas IV diperoleh 95% dengan katagori sangat praktis untuk digunakan dan uji kepraktisan respon siswa kelas IV SD Negeri 104219 Tanjung Anom diperoleh data presentase sebesar 91,7% dengan katagori sangat praktis. Dengan demikian media video pembelajaran siklus hidup hewan berbasis aplikasi Animaker kelas iv sd negeri 104219 Tanjung Anom yang dikembangkan dinyatakan sudah valid dan praktis. Kata Kunci : Pengembangan video pembelajaran, Animaker, Siklus Hidup Hewan
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development of learning videos, Animaker, Animal Life Cycles | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Selviana Padang | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2025 04:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2025 04:16 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |