PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SIKLUS HIDUP HEWAN BERBASIS ANIMAKER DI KELAS IV SD NEGERI 104219 TANJUNG ANOM T.P 2024/2025

PADANG, SELVIANA, 2105030041 (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SIKLUS HIDUP HEWAN BERBASIS ANIMAKER DI KELAS IV SD NEGERI 104219 TANJUNG ANOM T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS UALITY.

[img] Text
COVER SELVIANA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB)
[img] Text
ABSTRAK SELVIANA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (65kB)
[img] Text
BAB I SELVIANA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (136kB)
[img] Text
BAB II SELVIANA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (326kB)
[img] Text
BAB III - V SELVIANA .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (605kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SELVIANA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (74kB)
[img] Text
LAMPIRAN SEVIANA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (710kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran siklus hidup hewan berbasis aplikasi Animaker pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 104219 Tanjung Anom. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan ketertarikan video animasi berbasis aplikasi Animaker. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research dengan menggunakan model Richey and Klien atau PPE (Planning, Production, Evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media video pe,belajaran berbasis aplikasi animaker adalah lembar validasi dan lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari validator ahli media diperoleh presentase 98,3% dengan katagori sangat valid. Validator ahli materi diperoleh data presentase sebesar 95% dengan katagori sangat valid. Adapun uji kepraktisan media pembelajaran video pembelajaran berbasis aplikasi Animaker yang dilakukan oleh guru kelas IV diperoleh 95% dengan katagori sangat praktis untuk digunakan dan uji kepraktisan respon siswa kelas IV SD Negeri 104219 Tanjung Anom diperoleh data presentase sebesar 91,7% dengan katagori sangat praktis. Dengan demikian media video pembelajaran siklus hidup hewan berbasis aplikasi Animaker kelas iv sd negeri 104219 Tanjung Anom yang dikembangkan dinyatakan sudah valid dan praktis. Kata Kunci : Pengembangan video pembelajaran, Animaker, Siklus Hidup Hewan

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development of learning videos, Animaker, Animal Life Cycles
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHasni Suciawati, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.com0104048930
Pembimbing IIDr Gemala Widiyarti, Sos.l.,M.Pdwidiyartigemala@gmail.com0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Selviana Padang
Date Deposited: 30 May 2025 04:16
Last Modified: 30 May 2025 04:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3557

Actions (login required)

View Item View Item