PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SDN 064025 FLAMBOYAN RAYA T.A 2024/2025

SEMBIRING, DELVINA BAREKI BR, 2105030435 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SDN 064025 FLAMBOYAN RAYA T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (463kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (377kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggembangkan bahan ajar dengan menggunakan flipbook yang layak digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN 064025 Flamboyan Raya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah Reserch and Development (R&D) dengan model (ADDIE) (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi dan angket respon guru untuk mengukur kevalidan serta kepraktisan bahan ajar dengan menggunakan flipbook. Hasil validasi menunjukkan bahwa ahli media memberikan skor dengan persentase 95% yang tergolong dalam kategori sangat valid sedangkan ahli materi memperoleh skor dengan persentase 88,3% yang juga termasuk kategori sangat valid. Uji kepraktisan bahan ajar dengan menggunakan flipbook oleh guru kelas V menunjukkan hasil dengan persentase 90,6% yang tergolong dalam ketegori sangat praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan menggunakan flipbook yang dikembangkan layak digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V karena telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Flipbook, Pancasila Education
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd.,M.Pdjuniko.tarigan@gmail.com0110068902
Pembimbing IIRITA HERLINA BR PA, S.Pd.,M.Pdrperanginangin@gmail.com0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Delvina bareki
Date Deposited: 08 May 2025 09:26
Last Modified: 08 May 2025 09:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3559

Actions (login required)

View Item View Item