PENELITIAN TENTANG KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SD NEGERI 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

SITUMORANG, LINCAHRIA, 1505030363 (2019) PENELITIAN TENTANG KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SD NEGERI 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (645kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi dan daya ingat siswa dalam pembelajaran menyimak di kelas IV SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar Medan Pada Tanggal 18 - 19 Maret 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar Medan yang berjumlah 63 orang dan sebagai sampel juga digunakan teknik pengambilan sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan observasi.Berdasarkan hasil tes dan observasi pada penelitian diperoleh nilai kemampuan menyimak siswa termasuk dalam kategori kurang. Hasil tes daya ingat siswa termasuk dalam daya ingat yang kurang baik dengan presentase sebanyak 6 orang siswa (10%) memiliki daya ingat dalam kategori sangat kurang baik, sebanyak 20 orang siswa (32%) dalam kategori kurang baik, sebanyak 16 orang siswa (25%) dalam kategori cukup baik, sebanyak 12 orang siswa (19%) dalam kategori baik dan sebanyak 9 orang siswa (14%) dalam kategori sangat baik Sedangkan Hasil observasi konsentrasi siswa termasuk dalam kategori kurang, konsentrasi yang masuk dalam kategori kurang. Jadi konsentrasi siswa saat menyimak cerita dapat dikatakan rendah atau kurang dengan presentase sebanyak 5 orang siswa (8%) memiliki konsentrasi sangat kurang baik, sebanyak 21 orang siswa (33%) memiliki konsentrasi kurang baik, sebanyak 17 orang siswa (27%) memiliki konsentrasi cukup baik, sebanyak 13 orang siswa (21%) memiliki konsentrasi yang baik, dan sebanyak 7 orang siswa (11%) memiliki konsentrasi yang sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas IV SD Negeri 068009 Medan memiliki konsentrasi kurang dan daya ingat yang cukup baik.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Listening ability, Listening concentration, Listening memory
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIRinci Simbolon, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 05:08
Last Modified: 23 Mar 2021 02:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item