PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANTARA YANG DIAJAR DENGAN METODE DRTA DAN METODE OK5R PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2018/2019

ZAI, VIKA TIRZANI, 1505030179 (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANTARA YANG DIAJAR DENGAN METODE DRTA DAN METODE OK5R PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (887kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (694kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode pembelajaran DRTA, lebih baik dari pada menggunakan metode pembelajaran OK5R di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas IVA dan kelas IVB, kelas IVA dijadikan kelas DRTA berjumlah 37 siswa sedangkan kelas IVB dijadikan kelas OK5R berjumlah 37 siswa. Jumlah keseluruhan siswa kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani berjumlah 74 siswa. 74 siswa tersebut menjadi sampel pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan metode pembelajaran DRTA dan OK5R dengan alat pengumpul data yaitu teks bacaan dan test dalam bentuk soal essay sebanyak 10 soal,maka untuk menganalisis data digunakan uji t. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan pre test yaitu seluruh nilai siswa dari kedua kelas dibawah kriteria Kemampuan Efektif Membaca (KEM), sedangkan pelaksanaan post test menggunakan metode pembelajaran DRTA memperoleh nilai yaitu 154,00 dan penggunaan metode pembelajaran OK5R memperoleh nilai 116,37. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa pada pelaksanaan post test dengan menggunakan metode pembelajaran DRTA lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran OK5R dikelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reading Ability, Methods DRTA, Methods OK5R
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIDrs. Yason Medrofa, M.Pd-NIDN. 0102075901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:10
Last Modified: 17 Mar 2021 04:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item