MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040474 TIGA SERANGKAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEMBIRING, FERDIANTA, 1505030104 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040474 TIGA SERANGKAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (650kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (530kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (863kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (236kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Take and Give pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 040474 Tiga Serangkai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model Take and Give pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran dariobservasi aktivitas guru adalah 60% dan observasi aktivitas siswa 68, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa belum tercapai secara klasikal dengan presentase 74% dan rata-rata nilai siswa adalah 71. Sedangkan hasil siklus II diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru meningkat menjadi 77% dan observasi aktivitas siswa adalah 86, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dengan presentase 87% dan rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 87. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah berkategori kan baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dan hasil belajar siswa meningkat dalam pembelajaran dengan menggunakan model Take and Give pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya di kelas IV SD Negeri 040474 Tiga Serangkai Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research (CAR), Learning Outcomes, Take and Give Models
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:17
Last Modified: 04 Mar 2020 07:17
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item