MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 048232 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SHERLIA, 1505030026 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 048232 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (447kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan Pokok Bahasan Fungsi Air bagi Manusia denganMenggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri 048232 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 048232 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 048232 Kabanjahe yang berjumlah40 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran berdasarkan tes siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 59% dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 33 orang dari 40 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus I yaitu 82% dan nilai rata-rata siswa 75. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 79,3% dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 36 orang siswa dari 40 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 90% dan nilai rata-rata siswa 88,5. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik, hasil belajar siswa tuntas secara klaksikaldan hasil belajar siswadengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Mata Pelajaran IPA diKelas V SD Negeri 048232 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019, meningkat sebesar 16,17%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Snowball Throwing Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:22
Last Modified: 04 Mar 2020 07:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item View Item