SRI RAHAYU TAMBA, 2105030273 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN DAN TUMBUHAN DI KELAS III SD NEGERI 060866 MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (259kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (288kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (55kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (912kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kevalidan dan kepraktisan media Pop Up Book materi siklus hidup hewan dan tumbuhan pada kelas 3 SD Negeri 06 0866 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini merupakan pengembangan yaitu Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan PPE, yang terdiri dari tiga tahapan: perencanaan, produksi,dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas III SD Negeri 060866 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Pop Up Book. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran Pop Up Book adalah lembar validasi dan lembar angket respon guru. Tingkat kevalidan media Pop Up Book yang dikembangkan pada materi siklus hidup hewan dan tumbuhan diperoleh dengan persentase 83,33% dari validator ahli media dan dikategorikan "Sangat Valid", dan ahli materi diperoleh persentase sebesar 88,33% dan dikategorikan "Sangat Valid". Tingkat kepraktisan media Pop Up Book yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian dengan memberikan angket untuk guru, maka diperoleh 90% oleh guru wali kelas III dan dikategorikan "Sangat Valid". Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Pop Up Book sangat layak untuk digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran IPAS, karena telah memenuhi kriteria yang sangat valid dan praktis.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, Pop Up Book, Life cycle of animal and plants | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Srirahayu | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 May 2025 05:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 May 2025 05:20 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |