MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 047175 SIOSAR TAHUN AJARAN 2018/2019

BUKIT, RONI, 1505030344 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 047175 SIOSAR TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (914kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (906kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Media Gambardi kelas IV SD Negeri 047175 Siosar Tahun Ajaran 2018/2019. Lokasi penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 047175 Siosar yang berjumlah 24 orang siswa, dan sebagai objek penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Media Gambar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan wujud benda dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan dua siklus yang berupa pilihan berganda dan lembar observasi. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan persentase 58,5% dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa mendapat skor 56 sedangkan ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 16 siswa dari 24 siswa dan yang tidak tuntas 8 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 66,67% dan nilai rata – rata siswa 63,75. Berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru yaitu dengan presentase 84% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 86, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 21 siswa dari 24 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar yaitu 3 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 87,50% dan nilai rata – rata siswa 77,08. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Media Gambar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan wujud benda dan perubahannya di kelas IV SD Negeri 047175 Siosar Tahun Ajaran 2018/2019 sudah tuntas secara klasikal dan mencapai kategori baik, dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Media Gambar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan wujud benda dan perubahannya di kelas IV SD Negeri 047175 Siosar Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Media Learning Models Images, Objects and Changes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Jainab, M.Pd-NIDN. 132252325
Pembimbing IINurlia Ginting, M.Pd-NIDN. 0116099001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:33
Last Modified: 23 Nov 2020 07:09
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item