MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE HERBART DI KELAS IV SD NEGERI 060889 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

DAMANIK, ANALIS HENRIKA, 1505030229 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE HERBART DI KELAS IV SD NEGERI 060889 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (463kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (719kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan Metode Herbartpada mata pelajaran Ips untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Herbartpada mata pelajaran IPS materi Perkembangan teknologi, produksi,komunikasi dan transportasi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060889, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 060889 dengan jumlah siswa 27 orang dan objek penelitian penggunaan Metode Herbartpada mata pelajaran IPS materi Perkembangan teknologi, produksi,komunikasi dan transportasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis data dari penelitian siklus I dan siklus II diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 11,9% dari nilai 60,1% menjadi 72%, aktivitas siswa meningkat 8 % dari nilai 68 menjadi 76 , ketuntasan klasikal meningkat 22,23 % dari nilai 70,37% menjadi 92,60% dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat5% dari nilai 75,37 menjadi 80,37. Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode pembelajaran Herbartpada mata pelajaran IPS materi Perkembangan teknologi,produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SD Negeri 060889 Medan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Use of the Herbart Learning Method
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:42
Last Modified: 23 Nov 2020 09:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item