PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS BERBASIS MEDIA APE KELAS IV SD NEGERI 066044 HELVETIA T.A 2024/2025

FERONIKA, 2105030293 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS BERBASIS MEDIA APE KELAS IV SD NEGERI 066044 HELVETIA T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (138kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (57kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran 2) hasil belajar sesudah menggunakan pembelajaran 3) adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING terhadap Hasil Belajar IPA Pada Subtema Tumbuhan Kelas IV SDN 066044 Medan Helvetia TA 2024/2025. Jenis Penelitian adalah metode penelitian Eksperimen dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam peneliti ini siswa kelas IV SDN 066044 Medan Helvetia yang berjumlah 25 siswa. Sampel dalam penelitian ini kelas IV sebanyak 25 siswa. Dari hasil analisi data yang diperoleh nilai rata-rata pre-test sebelum diberikan perlakuan 37,4 dan setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata post-test yaitu 82,8 .Hasil uji t menunjukan nilai hasil sig (2-tailed) yaitu 0.000 < 0.05. Maka dapat dilihat pada perbedaan dalam pre-test dan post-test. Dengan hasil nilai t hitung yang bernilai 7,732 dan tabel t tabel yang bernilai 1,720 dimana t hitung > t tabel yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat sisimpulkan bahwa Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Pada subtema Tumbuhan Kelas IV SDN 066044 Medan Helvetia.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, Influence of the Contextual Teaching and Learning Model
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I.,M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Pembimbing IIDr Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FERONIKA - FERONIKA
Date Deposited: 09 May 2025 02:11
Last Modified: 09 May 2025 02:11
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3622

Actions (login required)

View Item View Item