PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT SIFAT BENDA SISWA KELAS 3 DI SD NEGERI 104217 SIDOMULYO T.A 2024/2025

EMIA NOVIKA, 2105030412 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT SIFAT BENDA SISWA KELAS 3 DI SD NEGERI 104217 SIDOMULYO T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (86kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (589kB)

Abstract

Hasil pembelajaran IPA di SD Negeri 104217 Sidomulyo masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Benda Siswa Kelas III Di SD Negeri 104217 Sidomulyo TP. 22024/2025. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III, dengan sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw berjumlah 20 orang siswa dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional berjumlah 25 orang siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan nilai pretest kelas III-A adalah 50,8 dan di nilai pretest di kelas III-B adalah 80,25. Untuk hasil posttest di kelas Kontrol memperoleh hasil 56,2 dan di kelas eksperimen memperoleh hasil 86,25. Hasil uji t-test independen menunjukkan nilai t-hitung > t-tabel = 2,100 > 1,734 dengan α = 0,05, yang berarti penggunaan model pembelajaran Jigsaw berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA Materi Sifat-sifat Benda. Oleh karena itu, model ini disarankan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Jigsaw Model, Learning Outcomes, Science
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Sieduardsimatupang@gmail.comNIDN 0023126601
Pembimbing IIJULIANA BR SIMBOLON, SP., M.Sijuliana.uq@gmail.comNIDN 118077802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: EMIA - NOVIKA
Date Deposited: 10 May 2025 03:04
Last Modified: 10 May 2025 03:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3623

Actions (login required)

View Item View Item