PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 060934 MEDAN T.P 2024/2025

TAMBUNAN, ALDI FRANSIUS, 2005030247 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 060934 MEDAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (382kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture, motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture dan mengetahui pengaruh yang signifikan antara motivasi model pembelajaran Picture and Picture pada mata Pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 060934 Medan. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV-A berjumlah 15 orang dan IV-B berjumlah 14 orang dengan total jumlah siswa 29 orang. Penelitian ini merupakan penelitian metode eksperimen, metode eksperimen termasuk ke dalam metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan quasi experimen adalah eksperimen yang memiliki perlakuan (treatments). Metode analisis dilakukan secara deskriptif dan menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran tipe Picture and Picture pada mata pelajaran IPAS di kelas IV Negeri 060934 Medan TP 2024/2025 sebesar 69,13. Motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Picture and Picture pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 060934 Medan TP 2024/2025 sebesar 84,13. Penggunaan model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siwa pada mata pelajaran IPAS materi cahaya dan sifatnya pada siswa kelas IV SD Negeri 060934 Medan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: picture and picture learning model, learning motivation, science
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRESTIO SIDEBANG, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN 0129038101
Pembimbing IIRIKAWATI GINTING MUNTHE, S.E., M.Sirikawati.ginting@gmail.comNIDN 0114028003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ALDI FRANSIUS TAMBUNAN
Date Deposited: 11 May 2025 01:44
Last Modified: 11 May 2025 01:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3624

Actions (login required)

View Item View Item