PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS MATERI PROSES PEMBUATAN KERTAS DARI KAYU BERBASIS POWER POINT PADA SISWA KELAS III SDN 101884 LIMAU MANIS T.P 2024/2025

SILALAHI, LENA WIDYA, 2105030254 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS MATERI PROSES PEMBUATAN KERTAS DARI KAYU BERBASIS POWER POINT PADA SISWA KELAS III SDN 101884 LIMAU MANIS T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (305kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (161kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (191kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (553kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (681kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kevalidan pengembangan media bahan ajar berbasis Power Point dan untuk mengetahui keefektifan pengembangan media bahan ajar berbasis Power Point pada mata pelajaran IPAS materi Proses pembuatan kertas dari kayu di kelas III SDN 011884 Limau Manis. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelas III SDN 011884 Limau Manis. Objek dalam penelitian ini adalah media bahan ajar berbasis Power Point. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan ahli media bahan ajar berbasis Power Point yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 95%, dan Adapun hasil ahli materi diperoleh rata rata persentase sebesar 88.3%. Tingkat keefektifan hasil respon guru terhadap media bahan ajar berbasis Power point yang dikembangkan memiliki kriteria sangat efektif dengan persentase yang diperoleh sebesar 91,6%. Dan adapun hasil respon siswa sebesar 91%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media bahan ajar berbasis Power Point pada mata pelajaran IPAS di kelas III SDN 101884 Limau Manis sangat valid dan sangat efektif digunakan pada saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Development, Development, Power Point Based Teaching Material Media, Class III SD 101884 Limau Manis
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. PANDAPOTAN TAMBUNAN, M.Pddapot1002@gmail.comNIDN 10026601
Pembimbing IITINA SHEBA CORNELIA, S.Pd., M.Pddomtinasitompul@gmail.comNIDN 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LENA WIDYA SILALAHI
Date Deposited: 10 May 2025 03:51
Last Modified: 10 May 2025 03:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3636

Actions (login required)

View Item View Item