PINEM, ESTER OKTAVIA BR, 2105030003 (2025) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENYAMPAIKAN PENDAPAT TERTULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 060833 MEDAN PETISAH T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (226kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (19kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (520kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (28kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (699kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi, 2) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan media animasi, 3) Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III UPT SD Negeri 060833 Medan Petisah T.P 2025/2025. Penelitian menggunakan metode Quasi eksperimen (Eksperimen semu). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III dengan sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen menggunakan Media Animasi dan kelas kontrol tidak menggunakan media animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signitifikan pada kemampuan menyampaikan pendapat siswa di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-tes kelas eksperimen mencapai 90,12 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 74,09. Penggunaan Media Animasi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Media Animasi dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat siswa, sehingga penggunaan Media Animasi berpengaruh positif dan signitifikan terhadap kemampuan Menyampaikan Pendapat Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Upt Sd Negeri 060833 Medan Petisah T.P 2025/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Animation Media, Learning Outcomes Ability to Express Opinions | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ESTER OKTAVIA BR PINEM | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 May 2025 04:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 May 2025 04:29 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |