BARUS, BETNI GETA BR, 2105030070 (2025) PENGARUH MEDIA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II UPT SD NEGERI 104269 PINTU BESI T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (319kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (27kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (178kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (540kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (141kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (673kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Corong Berhitung pada mata pelajaran Matematika kelas II UPT SD Negeri 104269 Pintu Besi T.P 2024/2025. Kedua untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan Media Corong Berhitung pada mata pelajaran Matematika kelas II UPT SD Negeri 104269 Pintu Besi T.P 2024/2025. Ketiga untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan belajar siswa ketika menggunakan Media Corong Berhitung pada mata pelajaran Matematika kelas II UPT SD Negeri 104269 Pintu Besi T.P 2024/2025. Media corong berhitung merupakan alat bantu pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bilangan dan operasi hitung melalui pendekatan yang lebih konkret dan interaktif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 -20 Desember 2024 dengan populasi seluruh siswa kelas II-A dan II B sebanyak 42 siswa, yang semuanya menjadi sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu ( Quasi-experimental). Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media corong berhitung serta observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil bela jar siswa setelah menggunakan media corong berhitung. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara nilai pre - test dan post-test pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media corong berhitung berpengaruh positif terhadap pemahaman dan hasil belaja r siswa dalam mata pelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Calculation funnel media, learning outcomes, mathematics. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | BETNI GETA BR BARUS | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 May 2025 04:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 May 2025 04:22 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |